Klaten Lurik Carnival



Sebanyak 46 Kontingen ambil bagian dalam perhelatan Klaten Lurik Carnival (KLC) 2016 di sepanjang Jalan Pemuda Klaten, Kamis (18/08). Kontingen tersebut berasal dari perwakilan kecamatan, SKPD, sekolah dan instansi pemerintah maupun swasta.



Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Joko Wiyono Mengatakan jumlah Kontingen yang ikut serta dalam pelaksanaan KLC 2016 lebih banyak dibanding KLC tahun lalu.

“Tahun ini ada sebanyak 46 Kontingen, masing masing kontingen minimal 30 orang. Sementara tahun lalu hanya diikuti 32 kontingen,”ujarnya.



Joko Wiyono menjelaskan, KLC 2016 ini mendapatkan bantuan biaya dari Kementerian Pariwisata sebesar Rp. 500 juta, setiap peserta mendapatkan dana bantuan Rp. 5 juta untuk pembuatan kostum.



“Lewat KLC ini kami berharap bisa membangkitkan gairah para perajin Lurik yang ada di Klaten, serta mengangkat pamor lurik ke tingkat nasional maupun internasional”, tuturnya.



Setiap kontingen dalam KLC 2016 ini dinilai tim juri yang terdiri dari tiga orang, yakni Dra. Tiwi Avati Msn Dosen Seni rupa UNS, Drs I Made Sukanandi Dosen ISI Yogyakarta, dan Heru Mataya praktisi carnival. Juara 1 sampai 3 KLC 2016 ini nantinya akan ditampilkan dalam perayaan HUT provinsi Jateng, 28 Agustus 2016 di Magelang.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh rami_ba. Diberdayakan oleh Blogger.